Muhamad Adhonian Canarisla (kami biasa memanggilnya ‘Adhon’) aktivis berasal dari Indonesia yang saat ini berada di kapal Rainbow Warrior yang saat ini berada di Taiwan.

Adhon adalah seorang anak muda yang telah menginspirasi banyak aktivis Greenpeace di Asia Tenggara. Adhon pernah menghentikan sebuah kapal tanker bermuatan minyak kelapa sawit yang berasal dari perusakan hutan dengan cara menggantungkan dirinya di atas jangkar kapal tersebut selama tiga hari berturut turut.  Hutan Indonesia sangat menderita akibat praktik deforestasi - laju deforestasi Indonesia adalah yang tercepat di planet ini – yang digunakan untuk ekspansi kebun kelapa sawit dan pembukaan hutan tanaman
industri untuk keperluan pabrik bubur kertas (yang produk akhirnya adalah kertas toilet, kertas majalah yang berkilau, dan kardus pembungkus). Inilah yang menyebabkan aktivis muda Indonesia seperti Adhon sangat bersemangat melindungi hutan alam mereka yang masih tersisa.

Saya berkesempatan mewancarai Adhon di atas kapal Rainbow Warrior baru baru ini
T : Menurut kamu apakah orang Taiwan tertarik kepada Greenpeace dan pertanyaan seperti apa yang kamu dapatkan saat kegiatan “Open Boat”?
Adhon : Iya, mereka sangat tertarik. Di Taiwan ini banyak orang yang datang mengunjungi kapal Karena informasi dari website kita. Lebih banyak pengunjung disini dibandingkan yang kita dapat waktu pertama kali Rainbow Warrior berkunjung ke Indonesia. Banyak yang bertanya tentang kehidupan di atas kapal, apakah awak kapal juga mengalami mabuk laut. Saya katakan, mabuk laut itu hal yang biasa di sebuah kapal. Terkadang, jika saya sedang mabuk laut, saya tidak bisa mengerjakan apa-apa,  hanya berdiam diri di kabin saja.
T: kegiatan seperti apa yang kamu minati?
Adhon:  Saya suka segala kegiatan yang berbau olahraga. Saya suka mendaki gunung, dan memanjat tebing, baik di tebing alam, maupun di gedung dengan alat atau istilahnya “industrial climbing”.  Ketika saya mendengar bahwa Greenpeace mencari volunteer khusus yang bisa memanjat tebing, langsung saja saya, adik saya, dan beberapa teman bergegas mendaftarkan diri.
T : Bagaimana menurut pendapat kamu tentang kekuatan dari seorang individu untuk menciptakan perubahan yang positif?
Adhon : Masing masing dari kita, siapapun itu dapat berkontribusi penting dalam mengubah dunia menjadi lebih baik. Harus diingat bahwa kontribusi sebesar apapun atau sekecil apapun itu, sangatlah penting bagi perubahan, dan yang terutama, kita juga harus melakukannya dengan baik.


Kegiatan Adhon selama di Kapal Greenpeace :
Ini adalah pertama kalinya saya bergabung menjadi kru kapal, tapi saya telah menjadi volunteer di Greenpeace selama hampir 6 tahun sejak pertama kali kantor Greenpeace berdiri di Indonesia dan membuka kesempatan menjadi bagian dari climbing team. Pengalaman yang paling berkesan bagi saya adalah ketika aksi menghentikan sebuah kapal bermuatan minyak kelapa sawit pergi meninggalkan Indonesia selama tiga hari berturut turut. Saat itu saya memanjat jangkar kapal, sementara muka saya dihajar oleh air semprotan pemadam kebakaran dari atas kapal.  Selama hari pertama, baju saya basah kuyup, dan saya kedinginan karena angin laut yang kencang. Setelah tiga hari, ketika kru kapal ingin pergi, mereka berusaha menurunkan jangkar kedalam laut untuk mengusir saya, tapi setiap kali mereka menurunkannya, saya bergegas memanjat ke titik yang lebih tinggi, dan begitu seterusnya sampai seseorang dari otoritas pelabuhan terpaksa harus memanjat jangkar untuk menurunkan saya, dan membawa saya pergi.
Saya bergabung dengan Greenpeace karena saya percaya apa yang Greenpeace lakukan akan membawa perubahan di masa depan. Dan saya memiliki keahlian memanjat yang bisa saya gunakan saat aksi langsung tanpa kekerasan khas Greenpeace. Saya mencoba menyadarkan orang banyak bahwa kerusakan lingkungan yang sangat parah terjadi di sekeliling kita. Saya hanya melakukan apa yang saya bisa untuk membantu menyelamatkan Bumi saat ini. Alasan sederhananya: Saya hanya ingin di masa depan nanti, anak cucu saya bisa merasakan dan melihat keindahan dunia, seperti apa yang saya rasakan dan saya lihat saat ini, dan saya berharap akan dunia yang lebih baik di masa depan.
Adhon saat ini adalah kru kapal dan aktivis di atas Rainbow Warrior yang saat ini berada di Taiwan dalam rangka Tour Mempertahankan Lautan Kita di Asia Timur.  
-- Arthur